Anugrah Keselamatan

Bacaan Lukas 23:33-43
Perjanjian Baru Terjemahan Sederhana Indonesia (PB-TSI)

Yesus disalibkan*

33 Sesudah tiba di tempat yang bernama Tengkorak,** tentara-tentara itu pun menyalibkan Yesus dan juga kedua penjahat itu— yang seorang disalibkan di sebelah kanan-Nya, dan yang seorang lagi di sebelah kiri-Nya.
34 [ Kemudian Yesus berkata, “Bapa, ampunilah orang-orang ini. Karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.” ]*** Lalu tentara-tentara itu membagi-bagikan pakaian-Nya dengan cara membuang undi.****
35 Sambil berdiri orang banyak yang ada di sana menyaksikan semua kejadian itu. Para pemimpin Yahudi terus mengejek Dia dengan berkata, “Orang lain dia selamatkan. Kalau memang benar dia Kristus yang dipilih dan diutus oleh Allah, biarlah sekarang dia menyelamatkan dirinya sendiri.”
36 Para tentara juga mengolok-olok Dia. Mereka beberapa kali mendekati-Nya dan menawarkan anggur asam kepada-Nya
37 dengan berkata, “Kalau benar kamu ini raja orang Yahudi, selamatkanlah dirimu!”
38 Juga pada bagian atas kayu salib itu— yaitu di atas kepala-Nya, para tentara itu menempelkan tulisan, “Inilah raja orang Yahudi.”
39 Salah satu penjahat yang sama-sama disalibkan di sana juga mulai menghina Yesus dengan berkata, “Kamu ini Kristus— bukan? Selamatkanlah dirimu dan juga kami!”
40 Penjahat yang satu lagi menegur dia katanya, “Kenapa kamu berkata begitu?! Ternyata kamu tidak takut dan tidak hormat kepada Allah! Walaupun kita bertiga sama-sama dihukum mati,
41 tetapi hanya kita berdua yang pantas dijatuhkan hukuman itu karena kejahatan yang kita lakukan. Padahal Yesus ini sama sekali tidak bersalah!”
42 Lalu dia berkata kepada Yesus, “Ya Yesus, tolong ingat saya ketika Engkau sudah mulai memerintah sebagai Raja!”
43 Yesus menjawabnya, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, mulai hari ini juga kamu sudah bersama dengan Aku di surga.”

Dalam kehidupan ini, apa yang kita atabur atau perbuat akan menentukan hasil atau akibat yang kita tuai. Contoh sederhana, ketika saya korupsi uang perusahaan, risikonya kalau ketahuan saya bisa dipecat dan dibawa kepada pihak yang berwajib. Sebaliknya, ketika saya menguntungkan perusahaan karena pekerjaan berhasil memenuhi target, maka saya akan mendapatkan bonus, hingga promosi jabatan. Hampir tidak pernah orang berbuat banyak kejahatan lalu menuainya kebaikan.

Ketika Yesus disalib, ada dua orang pejahat juga disalibkan bersama dengan Dia di sebelah kanan dan kiri-Nya. Mereka tentunya penjahat kelas berat sehingga dihukum paling berat dan paling sadis pada masa itu, yaitu salib. Kedua penjahat ini semula mencela Yesus,te tapi kemudian salah satu dari mereka menyadari bahwa Yesus adalah Mesias, Raja segala raja. Oleh karena itu, ia mengucapkan pernyataan imannya kepada Yesus. Perkataan Yesus kepada penjahat itu membuktikan esensi terpenting dari kekristenan bahwa keselamatan adalah anugerah. Artinya, keselamatan diperoleh bukan karena perbuatan baik diri sendiri, bukan karena keturunan dari keluarga, bukan karena aktif pelayanan, dan bukan karena usaha apa pun yang bisa kita lakukan.

Kalau sekarang kita rajin berdoa, membaca firman Tuhan, melayani, atau melakukan kegiatan positif lainnya, itu bukan supaya mendapat keselamatan melainkan ungkapan rasa syukur dan ketaatan kita kepada-Nya. Keselamatan begitu mahal karena ditebus dengan darah
Kristus, sehingga kita menerimanya tanpa perlu membayar dengan apa pun. Keselamatan harus kita hargai setinggi-tingginya dengan hidup benar dan mengasihi dia.

Dikutip dan disadur dari renungan Andi Offset November 2017

Catatan Kaki:
Perikop: Mat. 27:32-44; Mrk. 15:21-32; Yoh. 19:17-27
** 23:33 tempat … Tengkorak Nama Golgota— yang berarti ‘tempat tengkorak’ dalam bahasa Ibrani sehari-hari. Dalam bahasa Latin/Roma, itu disebut ‘Kalvari’. Bukit itu adalah di sebelah utara dari Yerusalem. Nama bukit itu bukan karena tengkorak manusia ditinggalkan di situ. Kebetulan di bukit itu ada formasi batu yang menonjol dan kelihatannya seperti tengkorak besar.
*** 23:34 Ayat 34a Kata-kata dalam kurung tidak terdapat dalam beberapa salinan kuno dalam bahasa Yunani.
**** 23:34 membagi-bagikan … undi Kata-kata ini mirip Mzm. 22:18.

Posted in Renungan TSI.

Jaya Waruwu