Dua Sisi

Bacaan Matius 23:28
Perjanjian Baru Terjemahan Sederhana Indonesia (PB-TSI)

28 Begitu juga dengan kamu, karena waktu orang lain melihat kamu dari luar, kamu kelihatan seperti orang yang benar. Tetapi sebenarnya hati kamu penuh dengan keinginan untuk melanggar perintah-perintah Allah dan hanya berpura-pura saja sebagai orang benar

Beberapa waktu lalu, saya kehilangan teman. Dimata saya teman tersebut seorang yang ramah, ringan tangan menolong sesama, rajin, semangat bekerja, dan baik hati. Namun, betapa terkejutnya ketika saya mendengar kesan mengenai dirinya dari rekan kerjanya. Menurutnya, teman saya tersebut adalah sosok yang tak baik, senang mengeluh, iri hati, jahat pada rekan kerjanya, pikun, dst. Mendengar hal tersebut, saya tidak mau percaya begitu saja. Karena saya tidak melihat beliau seperti yang diceritakan rekan kerjanya.

Kehidupan dipercaya memiliki dua sisi, yaitu sisi hitam dan putih. Demikian juga orang-orang Farisi. Satu sisi, kelompok religius di dalam Yudaisme ini perjuangkan pengetahuan yang mendasar tentang Taurat dan tradisi pada nenek moyang (Misna; Talmud). Mereka menuntut penafsiran yang paling keras, terutama hal-hal yang berhubungan dengan Sabat, kebersihan ritual (tahir), dan yang berkaitan dengan persepuluhan. Namun, di sisi lain siapa sangka kehidupan mereka begitu jauh dari apa yang mereka kerjakan. Orang-orang Farisi tega mengambil rumah janda-janda bahkan menipu mereka. Tidak ada kasih Allah. Para pengikutnya dituntut banyak sekali hal yang sulit untuk dilakukan dan peraturan agama yang berat, tetapi mereka sendiri cuek. Mereka tidak peduli dengan orang-orang Yahudi agar bisa menjalani Taurat.

Perilaku orang-orang Farisi itu juga tak jarang ada dalam orang-orang percaya masa kini, termasuk mereka yang pekerjaannya melayani di gereja. Jika kita mengetahui ada orang-orang yang demikian, jangan hakimi! Lebih baik, koreksi diri sendiri kemudian berubahlah kalau diri sendiri kedapatan memiliki dua sisi semacam itu, supaya hidup kita dikenan oleh Tuhan. (RES)

*Dikutip dari renungan Andi offset April 2017

Scroll to top
5 Shares
Share5
WhatsApp
+1
Email
Tweet