Menjadi bagian dari kami dengan memberi masukan tentang draf kitab PL

Apakah Saudara tertarik membaca draf PL TSI?

Albata mengundang Saudara untuk bergabung dalam grup Whatsapp (berjumlah dua belas orang) yang akan membaca seluruh draft PL TSI (per kitab) selama lima minggu. Beberapa grup Whatsapp Sahabat Albata ini akan bersepakat dan komitmen untuk membaca sepuluh pasal per minggu, dan setiap anggota dalam grup dipersilakan mengirim masukan singkat atau pertanyaan kepada tim penerjemah Albata, lewat grup Whatsapp atau pun email.

Tim Penerjemah membutuhkan bantuan para sahabat untuk menemukan ayat-ayat yang teksnya belum wajar, jelas, atau tepat. Contohnya, kami pernah melihat persoalan seperti ini dalam draf  kitab Kejadian:

Kej. 35:14 Lalu Yakub mendirikan sebuah batu sebagai peringatan bahwa di tempat itulah Allah sudah berbicara kepadanya. Dia mempersembahkan batu tersebut kepada Allah dengan menuang anggur di atasnya dan menyerahkan batu itu dengan menuang minyak zaitun.

Memang terjemahan ayat itu salah! Di Alkitab hampir selalu yang dipersembahkan adalah hewan, bukan benda mati. (Ternyata Tim Penerjemah Albata juga manusia biasa yang punya banyak kelemahan!)

Albata berharap kelompok-kelompok pemeriksaan dalam grup Whatsapp ini nantinya akan mengirim pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti ini kepada tim kami:

  • Bahasa di ayat 3 ini agak kaku. Kenapa menuliskan ‘ ... ’?
  • Saya kurang mengerti ayat 13. Apakah berarti x atau y?
  • Mengapa arti ayat 43 begitu berbeda dari TB?
  • Dan lain sebagainya.

Kalau Saudara bersedia melakukan itu, tentu akan sangat menolong tim kami dan akan ada waktu untuk berdiskusi dengan tim kami! Dengan demikian Tim Penerjemah akan melihat bahwa ternyata

  • ayat 3 masih belum wajar,
  • ayat 13 belum jelas,
  • atau ayat 43 kurang tepat atau perlu catatan.

Kalau Saudara ingin terlibat dan merasa terbeban untuk menyiapkan terjemahan yang mudah dimengerti dalam bahasa Indonesia, bergabunglah dengan para Sahabat Albata yang sudah aktif untuk menolong tim penerjemah Albata memeriksa semua kitab berikut:

 

1 samuel Juni 2020
2 Samuel Juli 2020
1 Raja-raja Agustus 2020
2 Raja-raja September 2020
Mazmur 7-25 Oktober 2020

 

Mengunduh file .YES untuk diinstalkan kepada Alkitab Sabda/Yuku

Gunakan Versi Lainnya, lalu klik pada + dan pilih Dari perangkat. Mendapat TSIWA.YES di folder Download.

 

<— membaca TSI 1 Samuel

Kursus Albata yang terbaru berjudul Kursus Memahami Perbedaan antara berbagai Penerjemahan Alkitab. Kursus ini akan memulai bulan Februari, 2020, dan di selenggarakan secara online dan gratis. Ini berarti bisa mengikuti kursus ini kapan saja dan waktu mana Saudara mempunyai waktu luang. Silakan mendaftar sekarang!