Teruntuk kepada para pendukung di bulan Des 2020

Shalom,

Teruntuk kepada Bapak Ibu yang sudah mendukung kegiatan dan pekerjaan Albata dalam bentuk dana dan doa pada bulan Desember 2020, kami sangat berterima kasih atas kasihnya, dan semoga Tuhan yang empunya pekerjaan ini membalasnya sesuai kebaikan hati-Nya.

Sudah sepantasnya kita naikkan syukur kepada Tuhan atas kasih-Nya sehingga kita boleh berada di tahun 2021 ini. Tahun lalu banyak hal yang tidak menyenangkan dan tidak menguntungkan oleh karena pandemi Covid-19. Dan ternyata hal itu masih berlanjut di tahun ini juga. Namun dalam semua itu kita menyadari satu hal bahwa penyertaan Tuhan sungguh luar biasa bagi kita. Keadaan dunia boleh saja berubah, namun kasih dan pemeliharaan Tuhan tidak pernah berubah. 

Karena itu, untuk mengawali tahun 2021 ini kami mohon dukungan doa Bapak Ibu untuk beberapa pokok doa kami berikut ini:

  1. Mohon dukungan doa untuk para tim penerjemah Albata, supaya dalam pekerjaan mereka yang semakin berat ke depan, Tuhan terus menjaga dan memelihara.
  2. Albata kembali membuka kesempatan untuk anak-anak Tuhan yang rindu berbagi kasih untuk pengadaan Alkitab PB TSI melalui Gerakan Peduli Kasih (GPK). Sebab ternyata masih banyak anak-anak Tuhan di daerah yang masih menunggu Alkitab TSI bisa sampai di tangan mereka. Mohon dukungan doa supaya banyak anak-anak Tuhan yang mau berkontribusi dalam pengadaan Alkitab PB TSI ini. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil!
  3. Albata kembali membuka gelombang ke-3 untuk program Ayo Baca dan Belajar Alkitab 90 Hari (ABBA90). Mohon dukungan doa supaya Tuhan menggerakkan hati banyak orang untuk ikut ambil bagian berkomitmen membaca dan belajar Alkitab PB TSI dalam 90 hari. Sebab membaca Firman Tuhan akan meningkatkan iman dan pengenalan kita terhadap Tuhan, Sang Pencipta kita. Dengan demikian kita berharap akan terjadi pembaharuan hidup.

Sekali lagi, terima kasih untuk semua dukungannya.

Tuhan memberkati.

 

Balazi Gulo

Ketua Yay. Albata

Secara khusus kami berterima kasih kepada:

Pendukung General Fund melalui Mandiri:

  • Sarimabae D.
  • PBT

Pendukung General Fund melalui BCA:

  • JICF
  • MKF
  • Phil C. F. 
  • M. Agung S.
  • Vincent. S.
  • Helena S.
  • Febri A. gea
  • Ryan B.
  • Andy L.
  • Kristian J. Wati Harefa
  • B. Gulo

Gerakan Peduli Kasih melalui BCA:

  • Sdr. Ibezaro Lase

Cara mendukung Albata bulan berikut:

Silakan klik di sini.

Terima kasih.

Renungan Natal 2020 (Imanuel)

… dan Dia akan dinamai Imanuel. (Mat. 1:23 TSI)

Pada perayaan Natal kali ini PGI dan KWI sepakat memberikan tema besar Natal 2020: … dan mereka akan menamakan Dia Imanuel. Tema ini diangkat mengingat pandemi Covid-19 dinilai sudah merusak segala lini kehidupan manusia, seperti: Kehilangan sanak saudara, kehilangan pekerjaan, meningkatnya kegelisahan, kekerasan, perceraian, dll. Harapan besarnya adalah melalui perayaan Natal kali ini, khususnya umat Kristiani sadar bahwa “Allah beserta kita” dan bekerja untuk pemulihan kita. Kita bisa saja menderita sebagaimana yang dialami oleh orang lain, namun kita bisa menjalaninya dengan damai karena yakin bahwa Allah berjalan bersama kita untuk menghadapinya. 

Refleksi dari arti Imanuel 

Kata “Imanuel” hanya muncul 3 kali dalam Alkitab yakni di Yesaya 7:14, 8:8, dan Mat. 1:23.

  • Dalam Yes. 7:14

Konteks ayat ini adalah tentang raja Yehuda yang bernama Ahas, putra Yotam, cucu Uzia, yang sangat ketakutan melihat Rezin raja Siria dan Pekah raja Israel sudah berkomplot untuk menyerang Yehuda. Pada saat itu terjadi Tuhan menyuruh nabi Yesaya untuk menemui Ahas dan menyampaikan kepadanya supaya jangan takut dan bingung, akan tetapi harus siap siaga namun tetap tenang.

Di ayat 14 kata “Imanuel” kemudian muncul sebagai nama bagi seorang bayi yang akan lahir. Secara harfiah kata ini berarti “Tuhan bersama kita”, atau  “Tuhan beserta kita”. Pesan dari nama itu sederhana, bahwa Tuhan hadir bersama umat-Nya. Pesan kuat lainnya ketika nama itu dihubungkan dengan bayi yang baru lahir adalah karena anak yang akan lahir melambangkan kehidupan yang baru. Kehidupan baru itulah yang akan menjadi tanda bagi Raja Ahas bahwa  mereka semua akan hidup karena Tuhan hadir menyertai bangsa itu dan melindunginya.

  • Dalam Yes. 8:8

Konteks ayat ini merupakan lanjutan dari Yes. 7:14 di atas. Sekarang raja Asyur dengan seluruh tentaranya sengaja diizinkan Tuhan datang menyerang Yehuda. Kedatangan mereka digambarkan seperti luapan air banjir yang naik sampai ke leher orang-orang. Mereka akan menembus masuk ke negeri Yehuda, dan dengan cepat menyebar ke seluruh negeri itu hingga ke sudut-sudut kota. Tetapi semua itu gagal sebab “Tuhan beserta dengan Yehuda”. (Bandingkan dengan ayat 10).

Dari kedua konteks ayat di atas kita mengetahui satu hal yaitu betapa dahsyatnya perlindungan Tuhan itu. Ketika Tuhan menyatakan kehadiran-Nya, maka semua hal yang menakutkan, bahkan yang menggetarkan, tidak ada apa-apanya. Jika Tuhan hadir maka ambang kehancuran dan bayang-bayang maut pun tidak dapat berkuasa. 

  • Dalam Mat. 1:2

Konteks ayat ini adalah tentang ketakutan dan kegelisahan Yusuf terhadap kejadian aneh yang menimpa tunangannya, Maria. Aneh karena belum kawin tetapi hamil. Yusuf frustasi dan bingung, bahkan berencana untuk meninggalkan Maria secara diam-diam.

Di tengah kegelisahan itu, malaikat Tuhan berbicara kepadanya dalam mimpi. Pesan pertama yang disampaikan sama dengan pesan kepada raja Ahas,yaitu “Jangan takut”. Kalimat itu disusul dengan dua kalimat menarik berikut yaitu “Engkau akan menamakan Dia Yesus” dan “mereka akan menamakan Dia Imanuel.” 

Nama “Yesus” adalah terjemahan dalam bentuk Latin dari kata “Iesous” dalam bahasa Yunani. Kata “Iesous” sendiri berasal dari dari nama salah seorang pengintai negeri Kanaan di bawah pimpinan Musa, yaitu Hosea bin Nun dari suku Efraim (Bil. 13:16). Hosea berarti “Keselamatan” tetapi Musa menambahkan nama ilahi pada nama tersebut menjadi “Yehosyua” (diterjemahkan menjadi Yosua) yang artinya “Tuhan menyelamatkan”. 

Dengan demikian kelahiran Yesus adalah klimaks dari karya Tuhan bekerja menyelamatkan manusia dari dosa. Sebagaimana bayi Yesus lahir (hidup, ada sebagai manusia) demikianlah Tuhan hendak memberikan hidup yang baru kepada manusia — yang selama ini dibelenggu oleh dosa — yaitu hidup kekal di surga.

Di saat yang sama pula Tuhan menyatakan kehadiran-Nya bagi umat manusia, Dia bersama umat manusia (Imanuel), Dia berdaulat, Dia berkuasa atas seluruh hidup manusia, Dia hadir memberi perlindungan, memberi pengampunan dan damai sejahtera. Oleh karenanya manusia tidak boleh lagi hidup dalam ketakutan dan kecemasan oleh dahsyatnya musuh yang mencekam, yang menghancurkan, dan yang membawa kematian. Sebab Tuhan sudah datang, Imanuel, Dia menyelamatkan dan membebaskan, dan memberikan damai sejahtera.

Semoga Natal kali ini mendorong kita untuk percaya penuh kepada Tuhan, atas karya keselamatan yang sudah dikerjakan-Nya, serta atas janji-janji pasti yang akan menjadi bagian kita sebagai pengikut-Nya. Pandemi memang belum selesai, tetapi Tuhan tetap bersama dengan kita. Jangan takut! Tuhan pasti menolong dan memampukan kita melewati masa-masa sulit ini dengan penuh suka cita. Natal adalah lambang kasih dan damai. Maka perbanyaklah berbuat kasih kepada sesama, dan teruslah hadirkan damai di lingkungan sekitar kita berada. 

Selamat Natal.

BG

Pokok Doa Albata Desember 2020

Shalom,

Puji Tuhan karena kasih anugerah-Nya kita boleh memasuki bulan terakhir di tahun ini. Kita tahu bersama bahwa tahun ini adalah masa-masa sulit akibat Covid-19. Namun dibalik semua itu, berkat Tuhan juga selalu tersedia bagi orang-orang yang dikasihi-Nya. 

Saat ini tim kami yang bekerja merevisi PB TSI sudah tiba di Kitab Roma. Mohon dukungan doanya supaya semua anggota tim yang terlibat dalam revisi ini selalu dijaga dan dilindungi oleh Tuhan, terutama memberikan hikmat dan inspirasi pada saat mereka bekerja.

Salah satu berkat besar yang terjadi ketika tim bekerja merevisi PB TSI adalah ketika menemukan arti dari gelar “Anak Manusia”. Selama ini makna dari gelar Yesus itu masih kabur. Namun ketika tim memeriksa sampai ke PL, ditemukanlah bahwa istilah ini bisa dihubungkan kepada nubuatan yang diungkapkan dalam Kej. 3:15. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan klik di sini. 

Mohon dukungan doanya juga kepada saudara/i kita yang sudah terlibat dalam gerakan Ayo Baca Alkitab 90 Hari (ABA90) supaya dengan penuh semangat mereka tetap melanjutkan hari-harinya dengan membaca 3 pasal per hari. Saat ini pembacaan sudah tiba di 1 Korintus. Semoga Roh Kudus dapat menolong mereka untuk menyelesaikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Jika Saudara tertarik untuk bergabung, silakan menunggu pembukaan gelombang ketiga pada bulan Januari 2021.

Akhir kata kami ucapkan selamat menyambut dan merayakan Hari Natal kepada Saudara/i, ingatlah dalam semua aktivitas selalu Terapkan Pesan Ibu: Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak.

Tuhan Yesus memberkati.

Balazi Gulo

Ketua Pengurus Yay. Albata

Surat untuk para pendukung di bulan November 2020

Shalom Bapak/Ibu,

Puji Tuhan karena kasih anugerah-Nya kita boleh memasuki bulan terakhir di tahun ini. Kita tahu bersama bahwa tahun ini adalah masa-masa sulit akibat Covid-19. Namun dibalik semua itu, berkat Tuhan juga selalu tersedia bagi kita yang dikasihi-Nya. 

Terima kasih banyak atas dukungan doa dan dana dari Bapak/Ibu, sehingga karenanya kami dengan sangat yakin akan dapat menjalankan tugas-tugas yang sudah kami agendakan tahun depan. Secara khusus kami juga berterima kasih kepada Bapak/Ibu yang sampai sekarang masih bersedia berpartisipasi dalam Gerakan Peduli Kasih. 

Saat ini tim Albata sedang bekerja dalam revisi PB TSI dan sudah tiba di Kitab Roma. Mohon dukungan doanya supaya semua anggota tim yang terlibat dalam revisi ini selalu dijaga dan dilindungi oleh Tuhan, terutama memberikan hikmat dan inspirasi pada saat mereka bekerja. Salah satu berkat besar yang terjadi ketika tim bekerja merevisi PB TSI adalah ketika menemukan arti dari gelar “Anak Manusia”. Selama ini makna dari gelar Yesus itu masih kabur. Namun ketika tim memeriksa sampai ke PL, ditemukanlah bahwa istilah ini bisa dihubungkan kepada nubuatan yang diungkapkan dalam Kej. 3:15. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan klik di sini. 

Begitu juga mohon dukungan doanya juga kepada saudara/i kita yang sudah terlibat dalam gerakan Ayo Baca Alkitab 90 Hari (ABA90) supaya dengan penuh semangat mereka tetap melanjutkan hari-harinya dengan membaca 3 pasal per hari. Saat ini pembacaan sudah tiba di 1 Korintus. Semoga Roh Kudus dapat menolong mereka untuk menyelesaikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Jika Saudara tertarik untuk bergabung, silakan menunggu pembukaan gelombang ketiga pada bulan Januari 2021.

Akhir kata kami ucapkan: Selamat Menyambut dan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. 

Tuhan Yesus memberkati.

Balazi Gulo

Ketua Pengurus Yay. Albata

Secara khusus kami berterima kasih kepada:

Pendukung General Fund melalui Mandiri:

  • Santosa W. / Grace

Pendukung General Fund melalui BCA:

  • JICF
  • JIBC
  • P. C. F. 
  • M. A. S.
  • Vincent. S.

Untuk mendukung tim penerjemah Albata yang sedang menerjemahkan PL, boleh ditransfer melalui:

  • BCA  (KCP Hasyim Ashari, Jl. KH H. Ashari 5 AA, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia 10130)
    akun nomor: 262 390 3222
    atas nama : YAYASAN ALKITAB BAHASAKITA

 

 

 

 

Atau,

  • Bank Mandiri   Cabang KCP Jakarta Taman Ratu,  (Swift Code : B M R I I D J A)
    akun nomor: 165-0000-394-834,
    atas nama: Yayasan Alkitab BahasaKita.

 

Albata ingin mengirim tanda terima dan ucapan terima kasih kepada setiap pendukung. Oleh karena itu, ketika Bapak/Ibu pertama kali men-transfer ke akun Albata, mohon kesediaannya untuk menyertakan alamat email kepada bendahara Albata dengan memberi nama panggilan dan nama bank yang digunakan untuk mengirim dana.

Terima kasih.

Menayangkan ayat-ayat TSI dalam worship

Belum ada modul PB TSI untuk program EasyWorship.

Tetapi, daripada menggunakan program yang sebenarnya harus dibeli, dan apabila jemaat Saudara belum memiliki lisens yang benar untuk EasyWorship, kami mendorong menggunakan program yang Open Source dan gratis. Hampir semua program tersebut dapat melayangkan TSI dan pasti ada yang bisa melayangkan TB dan BIS/BIMK juga. Kami merekomendasikan program-program ini:

Untuk informasi selanjutnya, mohon men-klik pada Continue reading di bawah!

TSI dalam EasyWorship, ProPresenter, dan software presentasi yang lain

Terjemahan Sederhana Indonesia (TSI)

 

TSI adalah terjemahan Alkitab yang diterjemahkan langsung dari bahasa Yunani (untuk PB) dan Ibrani (untuk PL). 

TSI diterjemahkan berdasarkan arti (maknawi), bukan secara harfiah (formal). 

Terjemahan berdasarkan arti (maknawi) adalah penerjemahan yang mengutamakan arti dari bahasa sumber Alkitab. Sehingga dengan prinsip itu tim penerjemah Albata berusaha membuat TSI tepat sesuai arti yang dimaksud oleh para penulis Alkitab, dan mengungkapkannya menggunakan bahasa yang sederhana, wajar dan jelas.

Sederhana berarti menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua kalangan pada zaman sekarang. 

Wajar berarti mengikuti struktur kalimat yang wajar dalam bahasa sasaran.

 Jelas berarti semua informasi tersirat yang ada di dalam teks asli diungkapkan dengan jelas kepada pembaca saat ini, supaya makna yang terkandung di dalam teks tersebut dapat dimengerti dengan baik. 

TSI disertai catatan kaki untuk menunjukkan informasi-informasi tersirat yang terdapat dalam teks bahasa sumber Alkitab kepada pembaca sekarang. 

TSI sudah terbukti:

  • enak dibaca
  • lebih mudah dimengerti, dan
  • lebih terasa di hati

 

Terjemahan harfiah dan terjemahan berdasarkan arti

Paling tidak ada dua jenis penerjemahan Alkitab; yaitu terjemahan harfiah dan terjemahan berdasarkan arti.

Terjemahan harfiah— atau penerjemahan kata demi kata, bertujuan untuk memperlihatkan bentuk dan struktur teks Kitab Suci dalam bahasa sumber. Terjemahan ini berusaha sedapat mungkin mempertahankan bentuk bahasa sumber, walau hasil terjemahannya sering terasa janggal dalam bahasa sasaran. Di Indonesia terjemahan harfiah termasuk MILT, AYT, TB dan KSI. Sedangkan terjemahan BIS, TMV dan TSI termasuk dalam penerjemahan berdasarkan arti.

Penerjemahan berdasarkan arti tidak mempersoalkan berapa kata yang dipakai dalam penerjemahan— asal arti dan kesan yang disampaikan sama dengan arti dan kesan yang diterima oleh pembaca pertama pada zaman kitab itu ditulis. Atau dengan kata lain terjemahan berdasarkan arti berusaha menyampaikan arti dan kesan yang diterima oleh para pembaca pertama kepada para pembaca sekarang.

Sebagai contoh, dalam TSI struktur frasa bahasa sumber yang berbentuk A B C D, bisa disusun kembali menjadi C A B D kalau hal itu lebih menolong para pembaca mengerti arti yang sebenarnya. Penerjemahan berdasarkan arti juga boleh menunjukkan langsung informasi tersirat— yaitu informasi yang tidak perlu ditulis pada zaman Alkitab karena semua pembaca/penerima kitab itu sudah mengerti konteksnya. Tetapi  bagi para pembaca zaman sekarang konteks itu tidak diketahui. Karena itu beberapa informasi tersirat tersebut perlu dibuat tersurat dalam bahasa sasaran. Dan TSI sering membuat informasi seperti itu dalam teks TSI atau dalam catatan kaki. Tim penerjemah TSI sudah berusaha keras supaya informasi yang dibuat tersurat tersebut sudah sesuai dengan tafsiran yang diakui atau yang diterima oleh para ahli tafsir Alkitab.

Harap dimengerti bahwa penerjemahan berdasarkan arti berbeda dengan ‘parafrasa’ (seperti Firman Allah Yang Hidup.) Parafrasa bisa langsung menambahkan hal-hal dalam teks yang bukan informasi tersirat, atau kadang-kadang ada parafrasa yang mengurangi makna dari teks asli. Sedangkan penerjemahan berdasarkan arti tidak boleh menambah atau mengurangi arti yang dimaksudkan oleh si penulis.

Teruntuk kepada para pendukung di bulan April 2021

Shalom,

Teruntuk kepada Bapak Ibu yang sudah mendukung pelayanan Albata dengan doa dan dana di bulan April 2021:

Terima kasih banyak atas dukungannya. Semoga Tuhan yang empunya pekerjaan ini akan membalas setiap kebaikan yang sudah Bapak/Ibu salurkan melalui Yayasan Albata.

Kami bersyukur di bulan Februari-April 2021 kami bisa memesan dan membagikan 1.150 eksemplar TSI edisi GPK dari Andi Offset dan mendistribusikannya secara gratis kepada anak-anak Tuhan di berbagai wilayah Indonesia. Kebanyakan penerima adalah peserta gerakan ABBA90 (Ayo Baca dan Belajar Alkitab 90 Hari). Oleh anugerah Tuhan, gerakan ABBA90 Gelombang IV sudah dimulai tanggal 1 Mei lalu, dan pesertanya mencapai 500 orang dari berbagai daerah. Oleh karena itu, bulan ini fokus kami adalah menyediakan PB TSI bagi mereka. 

Selain memperhatikan para pembaca Alkitab TSI, kami juga ingin memperhatikan anak-anak Tuhan yang mau mendengar audio TSI karena penglihatannya bermasalah ataupun buta. Kami masih berusaha mendapatkan alat pemutar audio TSI ini. 

Berita sukacita untuk bulan ini: Tim Albata akan menyelesaikan proses revisi PB TSI pada minggu ketiga bulan ini. Oleh karena itu semua tim Albata, dari berbagai tempat, akan berkumpul di kantor kesekretariatan Albata pada minggu itu.

  • Mohon doanya supaya 600 eksemplar TSI bulan ini bisa kami bagikan kepada anak-anak Tuhan di berbagai wilayah Indonesia, terutama bagi mereka yang sudah komitmen baca Alkitab dalam 90 hari melalui gerakan ABBA90.
  • Mohon doa juga karena sampai saat ini kami masih mencari alat dengar audio TSI yang bisa dibagikan kepada orang-orang yang haus mendengar Firman Tuhan dalam bahasa sederhana Indonesia tetapi mengalami gangguan mata atau buta.
  • Terlebih mohon dukungan doa supaya kami bisa mencetak PB TSI Edisi 3.0 sebanyak 10.000 eksemplar. Kami mau supaya cetakan kali ini akan dicetak menggunakan bible paper dan dengan cover yang berkualitas. Tentunya akan menjadi mahal dari harga yang sebelumnya. Semoga Tuhan menyediakan semua biaya yang kami butuhkan untuk pencetakan ini.

Terima kasih sudah menjadi sahabat terbaik Albata, yang selalu mendukung kami dalam doa. Biarlah Allah yang penuh kasih, senantiasa menjaga dan melindungi Saudara dengan sempurna. Amin.

Balazi Gulo

Ketua Albata

 

Informasi tambahan:

  • Untuk melihat foto-foto pendistribusian TSI: Klik di sini. 
  • Informasi cara mendukung pelayanan Albata dan pengadaan Alkitab TSI:  Kilik di sini. 

Pokok Doa Mei 2021

Shalom,

Terima kasih sudah menjadi sahabat setia Albata, yang selalu mendoakan dan mendukung kami.

(Foto peserta ABBA90 dari Alor)

Kami bersyukur di bulan Februari-April ini kami bisa memesan dan membagikan 1.150 eksemplar TSI edisi GPK dari Andi Offset dan mendistribusikannya secara gratis kepada anak-anak Tuhan di berbagai wilayah Indonesia. Kebanyakan penerima adalah peserta gerakan ABBA90 (Ayo Baca dan Belajar Alkitab 90 Hari). Oleh anugerah Tuhan, gerakan ABBA90 Gelombang IV sudah dimulai tanggal 1 Mei lalu, dan pesertanya mencapai 500 orang dari berbagai daerah, bahkan ada yang dari luar negeri— Timor Leste. Oleh karena itu, bulan ini fokus kami adalah menyediakan PB TSI bagi mereka. 

Mohon dukungannya untuk hal berikut:

  • Bulan ini kami mau bagikan 600 eksemplar TSI kepada anak-anak Tuhan di berbagai wilayah Indonesia, terutama bagi mereka yang terlibat dalam gerakan ABBA90. Mohon dukungan doa supaya setiap penerima ditingkatkan minat bacanya, sehingga dapat berinteraksi dengan Firman Tuhan dan menikmati berkatnya.
  • Bulan ini kami juga mau mencetak — bekerja sama dengan Andi Offset —  PB TSI Edisi 3 dengan menggunakan bible paper dan cover yang berkualitas. Tentunya akan menjadi mahal dari harga yang sebelumnya. Mohon doa supaya Tuhan menyediakan semua biaya yang kami butuhkan dalam pencetakan ini.

Terima kasih sudah menjadi sahabat terbaik Albata, yang selalu mendukung kami dalam doa. Biarlah Allah yang penuh kasih, senantiasa menjaga dan melindungi Saudara dengan sempurna. Amin.

Balazi Gulo

Ketua Albata

 


Informasi tambahan:

  • Untuk melihat foto-foto pendistribusian TSI: Klik di sini. 
  • Informasi cara mendukung pelayanan Albata dan pengadaan Alkitab TSI:  Kilik di sini. 

AlkitabKita.Info

Dalam rangka meningkatkan pemahaman umat akan Firman Tuhan, atas kasih dan kemurahan Tuhan Yayasan Albata bekerjasama dengan BYB dan DPA sudah meluncurkan satu software menggali/meneliti Alkitab bernama Biblet Tamu.

Untuk mendukung penggunaan sofware ini, Albata membuat situs baru bernama AlkitabKita.info. Situs ini akan menyediakan segala macam informasi yang diperlukan seputar Alkitab dan penerjemahannya. Termasuk hal-hal berikut:

    • Alat meneliti (bahasa sumber) Alkitab; Bibledit Tamu,
    • Penjelasan lengkap mengenai berbagai perbedaan penerjemahan Alkitab beserta metodenya,
    • Sejarah teks sumber Alkitab, dan
    • Materi Kursus Bagi Penerjemah Alkitab.

Tujuan situs ini adalah untuk memberi kemampuan kepada Saudara memahami Alkitab —seperti penerjemah Alkitab.

Sangat bermanfaat bagi para Dosen, Guru, Pendeta/Gembala, Misionaris, Mahasiswa Teologi, Penerjemah Alkitab, Majelis Jemaat/Pengurus Gereja, Apologet, bahkan tidak tertutup kemungkinan bagi jemaat umum yang ingin menggali dan mendalami Alkitab.

Mari, kunjungi AlkitabKita.info, daftar (GRATIS), dan jangan lupa SEBARKAN  bagi yang lain.

Teruntuk kepada para pendukung di bulan Maret 2021

Shalom,

Bulan lalu saya sudah beritahukan tentang kebutuhan urgen anak-anak Tuhan di hampir seluruh pelosok Indonesia saat ini, yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan mereka (jemaat dan para murid di sekolah-sekolah Alkitab) dalam meneliti dan menggali arti setiap ayat Firman Tuhan hingga kedalam bahasa sumber Alkitab. Supaya mengerti dan memahami alasan adanya perbedaan penggunaan kata/ungkapan antara versi-versi penerjemahan Alkitab, dan bagaimana proses perbedaan itu terjadi. 

Puji Tuhan, atas dukungan doa dari Bapak/Ibu, tim kami sudah meluncurkan satu aplikasi yang bisa digunakan untuk tujuan yang saya sebut di atas bernama Bibledit Tamu. Informasi lebih banyak kami sudah sediakan dalam situs AlkitabKita.info 

Fungsi utama Bibledit adalah alat untuk menerjemahkan Alkitab. Tetapi Bibledit juga dapat digunakan untuk mempelajari arti setiap kata dalam bahasa sumber Alkitab. Dengan demikian siapa saja bisa mengerti berbagai pilihan untuk menerjemahkan maksud para penulis Alkitab, baik sebagai pemimpin kelompok sel, pengkhotbah, mahasiswa atau dosen STT, maupun penerjemah Alkitab. Bibledit Tamu ini akan menolong mereka supaya dapat mengungkapkan arti bahasa sumber Alkitab dengan cara yang wajar, jelas dan tepat dalam bahasa sasaran. 

Inilah tautan yang saya maksud untuk mendaftar dan membuat akun BIbledit Tamu: Klik di sini untuk mendaftar.  

  • Mohon dukungan doa karena situs AlkitabKita.info dan Bibledit Tamu masih dalam pengembangan. Semoga tim yang sedang bekerja keras dalam menyempurnakannya senantiasa diberi kesehatan yang prima sehingga menghasilkan ide-ide cemerlang yang bermanfaat.
  • Mohon doa juga karena sampai saat ini kami masih mencari alat dengar audio TSI yang murah, untuk bisa dibagikan kepada orang-orang yang haus mendengar Firman Tuhan dalam bahasa sederhana Indonesia tetapi mengalami gangguan mata atau buta.
  • Di minggu pertama bulan Maret lalu, tim Albata bertemu di Salatiga untuk membahas beberapa hal terkait penerjemahan Alkitab. Untuk laporan lengkapnya silahkan klik di sini. Karena manfaat dan dampak dari pertemuan ini sangat banyak, mohon dukungan doa supaya kegiatan serupa bisa terjadi lagi pada bulan Mei atau September tahun ini. 

Terima kasih sudah menjadi sahabat terbaik Albata, yang selalu mendukung kami dalam doa dan dana. Biarlah Allah yang penuh kasih, senantiasa menjaga dan melindungi Saudara dengan sempurna. Amin.

Salam Hormat,

Balazi Gulo

Ketua Albata

Informasi tambahan:

  • Silakan melihat foto-foto pendistribusian TSI di sini. 
  • Silakan melihat informasi tentang pemberian PB TSI melalui Gerakan Peduli Kasih di sini. 

Secara khusus kami berterima kasih kepada:

Previous
Next
(more…)

Pokok Doa April 2021

Bulan lalu saya sudah beritahukan tentang kebutuhan urgen anak-anak Tuhan di hampir seluruh pelosok Indonesia saat ini, yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan mereka (jemaat dan para murid di sekolah-sekolah Alkitab) dalam meneliti dan menggali arti setiap ayat Firman Tuhan hingga kedalam bahasa sumber Alkitab. Supaya dapat mengerti dan memahami alasan adanya perbedaan penggunaan kata/ungkapan antara versi-versi penerjemahan Alkitab, dan bagaimana proses perbedaan itu terjadi. 

Atas dukungan doa dari Saudara, kami sudah meluncurkan satu aplikasi yang bisa digunakan untuk tujuan yang saya sebut di atas bernama Bibledit Tamu. Dan sudah membuat satu situs untuk segala informasi yang diperlukan untuk menggunakannya; AlkitabKita.info 

Fungsi utama Bibledit adalah alat untuk menerjemahkan Alkitab. Tetapi Bibledit juga dapat digunakan untuk mempelajari arti setiap kata dalam bahasa sumber Alkitab. Dengan demikian Saudara bisa mengerti berbagai pilihan untuk menerjemahkan maksud para penulis Alkitab. Siapa pun Saudara — baik sebagai pemimpin kelompok sel, pengkhotbah, mahasiswa atau dosen STT, maupun penerjemah Alkitab — Bibledit Tamu ini akan menolong supaya dapat mengungkapkan arti bahasa sumber Alkitab dengan cara yang wajar, jelas dan tepat dalam bahasa sasaran. 

Sesudah membaca informasi yang terdapat dalam tautan di atas, silakan mendaftar dan membuat akun Bibledit Tamu di bagian bawah halaman utama. Bisa dengan menggunakan tautan ini: Klik untuk mendaftar.  

  • Mohon dukungan doa karena situs AlkitabKita.info dan Bibledit Tamu masih dalam pengembangan. Semoga tim yang sedang bekerja keras dalam menyempurnakannya senantiasa diberi kesehatan yang prima sehingga menghasilkan ide-ide cemerlang yang bermanfaat.
  • Mohon doa juga karena sampai saat ini kami masih mencari alat dengar audio TSI yang murah, untuk bisa dibagikan kepada orang-orang yang haus mendengar Firman Tuhan dalam bahasa sederhana Indonesia tetapi mengalami gangguan mata atau buta.

Terima kasih sudah menjadi sahabat terbaik Albata, yang selalu mendukung kami dalam doa. Semoga Allah yang penuh kasih, senantiasa menjaga dan melindungi Saudara.

Salam Hormat,

Ketua Albata

——————————————————–

Informasi tambahan:

  • Silakan melihat foto-foto pendistribusian TSI di sini. 
  • Silakan melihat informasi tentang pemberian PB TSI melalui Gerakan Peduli Kasih di sini. 

(more…)

Pokok Doa Maret 2021

Shalom,

Bulan lalu saya beritahukan bahwa tim Albata akan melakukan mission trip ke pulau Nias. Terima kasih atas dukungan doa Bapak/Ibu sehingga kegiatan ini berjalan sesuai rencana yang sudah kami atur. 

Dari kunjungan ini, ada dua pokok doa yang penting yang saya mau bagikan kepada Bapak/Ibu:

Yang pertama, kami berkunjung ke STT Anugerah Misi Nias Barat dalam rangka menyerahkan langsung sertifikat kepada 150 mahasiswa yang sudah menyelesaikan tantangan baca PB TSI dalam Gerakan Ayo Baca dan Belajar Alkitab 90 Hari (ABBA90). 


(Foto bersama mahasiswa STT Anugerah Misi Nias Barat)

Dalam kunjungan ini kami juga sempat mengunjungi  jemaat Tuhan di 3 gereja. Yang membuat  kami tercengang adalah kegalauan yang terjadi di antara jemaat karena menemukan perbedaan arti antara Alkitab bahasa Indonesia (yang mereka miliki) dengan Alkitab dalam bahasa Nias sendiri. Karena kegalauan itu akhirnya kami memutuskan bahwa harus ada suatu cara baru untuk meneliti arti setiap kata atau kalimat dalam bahasa sumber Alkitab. Setelah kami pulang ke Jakarta, tim langsung bergerak dan berusaha mengembangkan dan menerbitkan versi khusus dari software yang kami gunakan untuk menerjemahkan Alkitab TSI. Sofware ini bernama Bibledit. Aplikasi penelitian Alkitab ini akan dibuka untuk umum supaya dapat digunakan secara gratis.

Mohon doakan supaya bulan depan kami bisa menunjukkan alat penelitian Alkitab ini melalui situs alkitabkita.info Semoga melalui aplikasi Bibledit ini akan banyak anak Tuhan yang mampu meneliti arti setiap kata penting dalam bahasa sumber Alkitab, dan dapat mengerti kenapa ada perbedaan antara versi-versi penerjemahan Alkitab. Perbedaan ini sebetulnya sangat baik dan bermanfaat. Tetapi banyak orang belum mengerti hal itu sehingga hal semacam itu dianggap suatu kelemahan dalam penerjemahan, padahal pikiran itu salah.

Yang kedua, selain hal di atas kami juga melihat kebutuhan umat Tuhan yang belum bisa membaca serta kebutuhan orang lanjut usia yang tidak bisa lagi membaca dengan nyaman. Hal yang membuat kami cukup terharu adalah bahwa banyak diantara mereka bersedia mengikuti tantangan Gerakan ABBA90 dengan cara mendengar audio tiga pasal per hari.

Kami bersyukur karena bisa memberi lima alat mendengar Firman Tuhan kepada kelima ibu dalam foto di atas. Dan sekarang Albata ingin membuka suatu program baru untuk membagikan 500 alat dengar rekaman PB TSI dalam tahun ini. Mohon doa supaya bulan depan kami juga dapat memberitakan tentang harga dan bentuk alat yang akan Albata bagikan kepada orang yang haus untuk mendengar Firman Tuhan.

Terima kasih,

Balazi G.

Pokok Doa Februari 2021

Shalom,

Dalam Matius 18:19 Yesus pernah berkata:

“Aku juga menegaskan kepadamu bahwa kalau dua orang atau lebih di antara kalian sepakat meminta sesuatu dalam doa, maka hal itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di surga.” (TSI edisi 3.0)

Terima kasih sudah menjadi sahabat Albata melalui kesetiaannya menerima berita pokok doa kami.

Berikut pokok doa Albata untuk bulan Februari 2021:

  1. Doakan pelayanan Tim Albata di kepulauan Nias yang akan berlangsung di empat tempat dari tanggal 6 sampai 11 Februari 2021. Semoga Tuhan memberi cuaca yang baik dalam penerbangan ke Nias, dan semoga melalui pelayanan ini banyak jiwa yang terberkati, mengalami pembaharuan hidup, dan nama Tuhan dipermuliakan.
  2. Peserta gerakan Ayo Baca dan Belajar Alkitab dalam 90 Hari (ABBA90), saat ini sudah mencapai 920 Orang. Anak-anak Tuhan ini sudah berkomitmen untuk menerima tantangana membaca dan belajar Alkitab PB dalam waktu 90 hari secara bersama-sama. Puji Tuhan diantara mereka sudah ada 282 orang yang benar-benar menyelesaikan pembacaan, dan sebagian sudah mendapatkan sertifikat serta PB TSI dari Yayasan Albata. Mohon doakan peserta yang masih berjuang memenuhi tantangan ini, yaitu membaca 3 pasal per hari, terlebih mohon doakan peserta yang baru mendaftar gelombang pertama tahun ini. Semoga Tuhan memberi mereka semangat dan dijauhkan dari alasan “malas” membaca Firman Tuhan.

Terima kasih.

Balazi G.