Mengenal Allah

MENGENAL ALLAH

 

Bagaimana memulai hubungan pribadi dengan Allah?

Pikirkanlah mengenai hal ini… sebuah hubungan pribadi dengan Pencipta alam semesta! Sungguh kesempatan yang luar biasa! Bacalah secara keseluruhan informasi berikut ini supaya Saudara memahami beberapa masalah yang menjadi dasar untuk menetapkan sebuah hubungan pribadi dengan Allah. Ambillah waktu untuk memulai pelajaran ini dan minta Allah untuk memberikan pengertian kepada Saudara. 

Perhatikan kebenaran-kebenaran ini dan lihat di Alkitab.

Tentang Allah

a.  Dia Kudus. Dia lebih menakjubkan dari apa pun dan dari siapa pun yang pernah Saudara kenal! Dia mutlak benar. (Yesaya 2:2; Mazmur 99:3 dan Wahyu 15:4)

b. Dia adalah kasih. Kasih-Nya sempurna. Dia mengasihi Saudara. Dia mau yang terbaik buat Saudara. (1 Yohanes 4:16; Yohanes 10:10)

c. Dia adalah Pencipta. Allah menciptakan segalanya, termasuk Saudara. Maksudnya adalah Dia tahu apa yang terbaik buat Saudara. Dia juga membuat hukum-hukum (petunjuk-petunjuk hidup) untuk kebaikan Saudara sendiri dan bagi kemuliaan-Nya. (Kolose 1:16; Mazmur 139:13; Mazmur 1:1-3 dan Yosua 1:8) 

Tentang Saudara dan saya

a. Kita semua berdosa. Manusia pertama yang diciptakan adalah Adam. Dia tidak taat kepada Allah dan karena ketidaktaatannya, penyakit menular yang mematikan yaitu dosa masuk ke dalam dunia. Sebagai keturunan Adam, kita semua sudah tertular dengan dosa dan menjadi berdosa terhadap Allah dengan melanggar hukum-hukum-Nya. (Roma 5:12; Roma 3: 23 dan Yesaya 53:6)

b. Dosa harus dihakimi. Karena Allah adalah Kudus dan Benar, Dia tidak dapat menerima atau mengabaikan dosa. Menerima dan mengabaikan dosa akan menyalahi Karakter-Nya dan mencemarkan Sifat-Nya. Hukuman dosa adalah terpisah dengan Allah dan maut. (Roma 2:5-6; Roma 6:23 dan Yesaya 59:2)

c. Kita tidak dapat “menebus” dosa kita dengan menjadi orang yang lebih baik atau melakukan hal-hal yang baik. Dosa apapun yang melawan Allah yang abadi akan menerima akibat-akibat yang abadi juga. Manusia tidak bisa “menyelesaikan” dengan sebuah jawaban/jalan keluar yang dapat  “mendahului” masalah dosa. Hanya Allah yang dapat melakukannya. Jika perlu ulangi pelajaran 21. Kebutuhan manusia yang terbesar bukanlah untuk menjadi lebih baik, tetapi untuk menjadi baru (pelajaran 58). (Roma 8:3-4; 1 Petrus 1:18-19) 

Pemberian Allah

a. Karena Allah sangat mengasihi Saudara. Dia mengutus Anak-Nya, yaitu Yesus Kristus, untuk membayar hukuman atas dosa-dosa Saudara. Yesus mati di kayu salib untuk melepaskan Saudara dari dosa dan akibat-akibatnya. Tetapi kematian tidak dapat mengalahkan Yesus. Dia bangkit dari kubur pada hari yang ketiga. (Roma 5:8 dan Efesus 2:4-6)

b. Melalui kematian dan kebangkitan Yesus, Allah memberikan kita (2 Korintus 5:15)

  • Pengampunan — Tidak ada lagi penghalang antara Saudara dan Allah. (Kisah Para Rasul 13:38; Efesus 1:17)
  • Hidup Baru dan sebuah awal yang baru — Melalui Roh Kudus, Dia memberikan Hidup-Nya sendiri. Dia akan memimpin Saudara masuk ke dalam kebenaran dan memberikan Saudara kuasa atas dosa. (Yohanes 3:3-8; 2 Korintus 5:17; Yohanes 16:3 dan Galatia 5:16) 
  • Tujuan — Allah memiliki rencana buat hidup Saudara, dan Dia mau Saudara memiliki masa depan. (Efesus 2:10)
  • Hidup Selama-lamanya — Saudara akan hidup dengan Allah selama-lamanya. (Yohanes:3:16)
  • Saudara mendapatkan lebih dari apa yang bisa Saudara bayangkan! (1 Korintus 2:9)

Keputusan Saudara

  1. Keselamatan adalah sebuah hadiah. Apa yang Allah tawarkan kepada Saudara melalui Yesus adalah sebuah hadiah. Walaupun gratis, hadiah itu cukup mahal untuk diperoleh. Allah sudah membayarnya lebih dari apa yang bisa kita mengerti. Dia memberikan Anak-Nya sendiri. (Efesus 2:8; Romans 6:23 dan 2 Korintus 9:15)
  2. Sebuah hadiah belum menjadi milik Saudara sebelum Saudara menerimanya. Saudara tidak bisa mendapatkan sebuah hadiah dan hal itu tidak bisa dipaksakan bagi Saudara. Hadiah itu tidak menjadi milik Saudara sebelum memilih untuk menerimanya. Saudara menerima hadiah ini dari Allah dengan cara percaya kepada-Nya melalui iman. Saudara dapat memulai hubungan pribadi dengan Allah melalui doa singkat sebagai berikut. (Yohanes 1:12; Yohanes 5:24 dan Roma 10:8-9)

“Ya Allah, Saya sudah terpisah dengan Engkau oleh karena dosa-dosa saya. Saya berterima kasih kepada-Mu Yesus yang mati karena membebaskan saya dari hukuman dan kuasa dosa. Saya siap memberikan hidup saya untuk Engkau kendalikan. Ampuni saya, penuhi saya dengan Roh Kudus-Mu, dan jadikan saya menjadi seperti yang Engkau kehendaki. Dalam nama Yesus, Amin.”

Klik di sini kalau (a) Saudara sudah berdoa seperti doa di atas dan mau ditolong untuk mengetahui apa yang akan dilakukan selanjutnya (b) Saudara tidak siap berdoa seperti doa di atas, tetapi mau belajar lebih banyak lagi atau (c) Saudara memiliki pertanyaan mengenai hubungan sSaudara dengan Allah. Kami dengan senang hati bisa menghubungi Saudara melalui email yang nyaman untuk berkomunikasi.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang Saudara butuhkan mengenai hidup baru Saudara di dalam Kristus!

  1. Karena Saudara sudah percaya dan mengaku, Saudara diselamatkan! (Roma 10:9-10)
  2. Hal-hal menakjubkan yang sudah terjadi kepada Saudara:
    1. Saudara sudah dilahirkan kembali: artinya Saudara adalah seorang ciptaan baru di dalam Kristus! (1 Petrus 1:23; 2 Korintus 5:17)
    2. Roh Kudus Allah sekarang tinggal di dalam diri Saudara selama-lamanya sehingga Saudara bisa memiliki hubungan pribadi dengan-Nya dan Dia memberikan kekuatan kepada Saudara untuk mengikuti Dia sebagai Tuhan saudara! (1 Korintus 3:16; Roma 8:10-11; 1 Korintus 6:17)
  3. Para malaikat Surga bersukacita karena keputusan yang sudah Saudara buat dan kami juga turut bersukacita dengan mereka (Lukas 5:10)
  4. Karena Saudara tidak melakukan usaha apapun supaya selamat (keselamatan adalah sebuah hadiah dari Allah), dan sekarang tidak ada juga yang bisa Saudara perbuat untuk melepaskan keselamatan itu. (Efesus 2:8-10; Yohanes 10:28)
    1. Saudara dimateraikan dengan Roh Kudus dan keselamatan Saudara terjamin untuk selama-lamanya. (Efesus 1:13-14; Efesus 4:30; 2 Korintus 1:21)
    2. Roh Kudus dari Allah sekarang akan meyakinkan roh Saudara bahwa Saudara adalah anak-Nya dan Saudara akan bersama dengan Dia selama-lamanya. (Roma 8:16-17)  
  • Sangat penting bagi saudara untuk bertumbuh di dalam hubungan dengan Yesus Kristus. Pertumbuhan hubungan itu datang dengan cara berbicara kepada Allah  terus-menerus dan membaca Firman-Nya di dalam Alkitab setiap hari.  Bertemu dengan orang-orang Kristen lainnya untuk bersekutu, menyembah Allah, saling  menguatkan dengan penuh tanggung jawab, belajar dalam kelompok penyelidikan Alkitab dan melayani. Bertemu bersama dengan orang-orang Kristen yang lain seperti ini disebut gereja. Saudara perlu mencari dan datang ke gereja yang percaya dan mengajarkan Alkitab.
  • Penting bagi Saudara sekarang bersukacita dengan orang lain, baik orang-orang Kristen dan orang-orang bukan kristen, karena keputusan yang Saudara buat. Di dalam 24 jam ke depan, cobalah untuk menceritakan setidaknya kepada 5 orang mengenai hubungan Saudara dengan Yesus Kristus.

Akhirnya, ada hal-hal dasar yang perlu Saudara lakukan untuk bertumbuh di dalam hubungan dengan Allah. Untuk belajar lebih banyak, Kunjungi bagian pelajaran BERTUMBUH di dalam Allah.

 

 

 

 

Posted in Artikel Alkitabiah.

Jaya Waruwu