Pokok Doa Albata Bulan Februari & Maret 2020

Terima kasih untuk dukungan doa yang terus anda berikan kepada Albata.

Bulan lalu saya mengumumkan bahwa empat kitab Perjanjian Lama TSI akan segera ditambah kepada Alkitab YouVersion. Beberapa halangan teknis sudah diatasi, dan saya berpikir bahwa TSI versi 2.4 sudah dapat diakses melalui aplikasi Alkitab YouVersion di Android dan iOS.

TSI versi 2.4 sudah bisa dilihat dalam aplikasi Alkitab Sabda/Yuku.

Alkitab SABDA/Yuku
Caranya mengakses TSI versi 2.4:
1. Klik pada menu “Cari”
2. Lalu carilah “Terjemahan Sederhana Indonesia”
3. Dan klik pada icon persegi di sebelah kanan untuk mengaktifkan.

Bulan ini saya sudah menerbitkan sebuah artikel yang menurut saya penting di situs Albata.info, yaitu Status keperluan terjemahan Alkitab di seluruh Indonesia. Tak hanya membagi statistik-statistik tentang terjemahan Alkitab ke dalam berbagai bahasa suku di Indonesia, artikel ini menjelaskan tentang perbedaan persepsi antara orang barat dengan orang Indonesia, terhadap peran bahasa suku dalam berkomunikasi tentang hal-hal rohani. Apabila Saudara tidak ada waktu untuk membaca sepuluh halaman, daftar statistik dan kesimpulan penting terdapat di halaman 9. Sekali lagi, klik disini.

Semoga TUHAN Yang Maha kuasa menjaga dan menyertai Saudara bulan ini.

Phil.

 


Syalom! 

Perkenalkan nama saya Balazi Gulo, Koordinator Tim Penerjemah TSI (Terjemahan Sederhana Indonesia). Bulan lalu saya bersama istri dan anak pindah dari Kalimantan Barat ke Jakarta, dan baru-baru ini saya diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Ketua Yayasan Albata. Karena itu mulai saat ini — bekerjasama dengan Pak Phil — saya akan terus mengirim surat doa Albata seperti ini kepada Bapak/Ibu.

Balazi
Phil, Bambang dan Balazi

 

Hari Minggu yang lalu, saya (bersama keluarga) dan Pak Phil mengikuti ibadah di jemaat Abbalove Jakarta Barat. Kami sengaja meluangkan waktu untuk itu karena ingin mendengar khotbah dari seorang hamba Tuhan, Pak Bambang Sutedja. Sebelumnya kami sudah mendengar bahwa beliau sering kali menggunakan TSI dalam khotbahnya, bahkan mendorong jemaat untuk memiliki dan membaca TSI. Yang paling menyentuh hati kami, karena beliau juga salah seorang yang sangat berharap PL TSI segera diterbitkan. Jadi kami datang untuk memastikan informasi tersebut. Dan pada kesempatan itu kami menyaksikan sendiri bahwa memang beliau selalu menggunakan TSI (sambil membandingkan juga dengan versi-versi lain) dalam khotbahnya. Seusai ibadah kami menemui beliau dan menanyakan alasan kenapa selalu menggunakan TSI, dan mendorong jemaat untuk membacanya. Beliau menjawab karena pilihan kata dalam TSI lebih mudah dimengerti sehingga lebih mengena di hati jemaat yang mendengar.

Karena saran dan dorongan dari Pak Bambang, sekarang sudah banyak komsel dalam jemaatnya yang menggunakan TSI setiap kali mereka mengadakan persekutuan doa. Puji Tuhan!

Mungkin Bapak/Ibu pernah berpikir, “Kenapa Albata begitu lama menyelesaikan terjemahan PL TSI?” Sebenarnya prosesnya bisa lebih cepat kalau kami memiliki anggota penerjemah yang banyak. Tetapi bukan itu poin utamanya. Yang menjadi alasan utama adalah karena menerjemahkan Firman Allah bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebagai Koordinator Tim Penerjemah, saya mengatur pekerjaan tim penerjemah Albata dalam beberapa langkah berikut untuk setiap pasal di PL:

Tahap-tahap proses penerjemahan Albata:

  • Penyuntingan 1
  • Evaluasi sekaligus penyuntingan ke-2
  • Mendata sekaligus mengecek kekonsistenan istilah
  • Mengecek hasil eksegese
  • Pemeriksaan oleh koordinator tim penerjemah
  • Pemeriksaan melalui grup WA
  • Menerjemahkan hasil terjemahan ke dalam bahasa Inggris bagi konsultan luar
  • Membuat Interlinear dalam program Paratext
  • Pemeriksaan oleh konsultan luar
  • Membagi hasil penerjemahan kepada beberapa komunitas pembaca
  • Penerbitan Alkitab lengkap

Untuk melihat informasi yang lebih lengkap, silakan mengunjungi halaman ini di situs Albata.info.

Jadi kami tak henti-hentinya meminta dukungan doa dari Bapak/Ibu sekalian, supaya dalam segala keterbatasan yang ada Tuhan senantiasa menolong dan menyertai kami, sehingga penerbitan PL TSI yang kita rindukan bersama segera terwujud.

Doa kami juga untuk Bapak/Ibu, semoga Tuhan yang penuh rahmat senantiasa melindungi dan melimpahkan berkat atas hidup Bapak/Ibu sekalian.

 

Dalam kasih Tuhan,

Balazi